Visi
Jumat, 08 Des 2023
  • "Terwujudnya generasi pemimpin bangsa yang berkarakter, berprestasi dan berbudaya mutu"
20 November 2023

Pemanfaatan E-Learning di SMA Negeri 2 Tanggul sebagai Konsep Pembelajaran Masa Kini

Senin, 20 November 2023 Kategori : Pendidikan

E-learning adalah singkatan dari elektronic learning atau pembelajaran elektronik. Bullen & Jeans (2007:176) mendefinisikan e-learning sebagai proses pembelajaran yang menggunakan teknologi internet untuk memfasilitasi, menyampaikan, dan memungkinkan berjalannya proses pembelajaran jarak jauh. Konsep pembelajaran ini sebenarnya bukan hal yang baru. E-learning telah dimulai pada tahun 1970-an (Waller dan Wilson, 2001). Berbagai istilah lain yang digunakan diantaranya adalah: online learning, internet-enabled learning, virtual learning, web based distance education, e-learning, web based teaching and learning.

Pemanfaatan Aplikasi Phet dalam Pembelajaran Kimia Kelas X

SMA Negeri 2 Tanggul telah mampu mengaplikasikan dan mengembangan e-learning pada proses belajar mengajar di sekolah, seperti Pemanfaatan Aplikasi Phet dalam Pembelajaran Kimia Kelas X yang dilakukan oleh Ibu Renita Praharani, S.Si. Perkembangan teknologi yang membuat pendidikan harus menciptakan ketrampilan yang lebih efisien. Guru dan siswa dituntut untuk maju dan menjelajah dalam memahami peran teknologi yang ada. Dalam adanya teknologi yang semakin berkembang pesat membangun adanya pembelajaran model E-Learning. Pembelajaran E-Learning sangat efektif untuk digunakan pembelajaran siswa sewaktu-waktu. Guru dapat membantu siswa dalam menyampaikan materi. Pemanfaatan E-Learning dalam dunia pendidikan dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru.

E-Learning yang dapat digunakan melalui perangkat lunak seperti komputer, laptop, atau smartphone dengan disambungkan pada fasilitas jaringan internet. E-Learning merupakan sebuah media elektronik yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Guru dapat menilai perubahan siswa dengan penggunaan E-Learning. Guru menilai bentuk keaktifan atau hasil belajar siswa melalui pembelajaran E-Learning. E-Learning juga dapat digunakan dengan media blog seperti google cendikia, garuda digital, yang dapat mengakses beberapa sumber rujukan terpecaya. E-Learning sangat membantu komunikasi guru dengan siswa meskipun tidak secara langsung atau jarak jauh, E-Learning dapat membantu guru dan siswa.
Pada penggunaan E-Learning tidak hanya siswa yang dituntut tetapi guru juga dituntut dalam menggunakan media E-Learning. Dampak positif penggunaan E-Learning seperti :

  • Siswa dapat melakukan pembelajaran dengan mudah dan efesien
  • Siswa dapat mengetahui segala materi pembelajaran dengan mudah dan sesuai yang diinginkan oleh siswa
  • Siswa dapat mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang semakin pesat
  • Siswa menjadi aktif dalam kegiatan pembelajaran

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar