Pentingnya kemandirian bagi perserta didik dapat di lihat dari situasi kompleksitas kehidupan dewasa ini, yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi kehidupan peserta didik. Pengaruh kompleksitas kehidupan terhadap peserta didik terlihat dari berbagi fenomena yang membutuhkan perhatian dari dunia pendidikan, seperti: perkelahian antar pelajar, penyalah gunaan obat dan alkohol, perilaku menyimpang dan berbagai perilaku menyimpang yang sudah mengarah pada tindak kriminal. Dalam konteks proses belajar, dewasa ini tampaknya berkembang suatu gejala yang cukup mengkhawatirkan para pendidik, yakni adanya krisis motivasi terutama pada peserta didik sekolah menengah. Gejala yang ditunjukkannya antara lain berkurangnya perhatian peserta didik untuk belajar, kelalaian dalam mengerjakan tugas-tugas pekerjaan rumah, menunda persiapan ulangan, serta pendangan “asal lulus” atau “asal naik kelas”. Terlihat adanya fenomena peserta didik yang kurang mandiri dalam belajar, yang dapat menimbulkan gangguan mental. Setelah memasuki pendidikan tinggi, kebiasaan belajar yang kurang baik, seperti: tidak betah belajar lama atau belajar hanya menjelang ujian, menyontek, membolos dan mencari bocoran soal ujian.
Tinggalkan Komentar