ABSTRAK
Laporan best practice ini dilatarbelakangi kurangnya pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guru dan peserta didik di SMA Negeri 2 Tanggul. Penggunaan komputer maupun smartphone dalam aktifitas sehari-hari guru maupun peserta didik masih sangat minim yang berimbas pada lemahnya literasi digital guru dan peserta didik dalam hal kompetensi pemanfaatan teknologi. Untuk itu, perlu dilakukan suatu bentuk kegiatan yang melibatkan seluruh peserta didik dan guru dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah pelaksanaan evaluasi atau ujian dengan pemanfaatan TIK. Bentuk pemanfaatan TIK dalam kegiatan evaluasi dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT) yang lebih dikenal dengan ujian berbasis komputer. Oleh karena itu, penulis mengembangkan sebuah aplikasi CBT Offline SMADATA CBT SMA Negeri 2 Tanggul. yang tidak membutuhkan akses internet. Dari hasil pengamatan dan observasi, CBT Offline yang dikembangkan penulis terbukti layak digunakan untuk berbagai pelaksanaan ujian atau evaluasi serta memberi berbagai manfaat dan kemudahan dalam penggunaannya. Penggunaan CBT Offline dalam evaluasi pembelajaran juga terbukti meningkatkan kemampuan literasi digital guru dan peserta didik dalam hal kompetensi pemanfaatan teknologi.
Tinggalkan Komentar