ABSTRAK
Hari ini siswa, 27 tahun lagi mereka adalah generasi Emas Bangsa Indonesia. Yakinlah jika kualitas pendidikan dan pengajaran baik, maka pencapaian generasi emas ditahun 2045 akan terwujud. Salah satu aspek keterampilan dalam megatrend 2045 adalah Demografi Global yang menuntut generasi Indonesia memiliki sikap proaktif, kreatif dan mampu bersinergi dalam persaingan global. Pendidikan Nasional bertujuan untuk melahirkan generasi emas yang memiliki keterampilan, pengetahuan dan berkarakter dengan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial – Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran penting dan strategis dalam menyiapkan generasi emas 2045, yang kenyataannya berbanding terbalik 180 derajat menjadikan mata ajar Ekonomi adalah pelajaran yang tidak disukai, tidak diminati dan tidak dipentingkan oleh siswa. Upaya mengatasi kontradiksi ini, penulis menyusun dan menciptakan straegi “Minum Kopi Joe“ untuk memberikan variasi belajar dan praktik mengajar yang berbeda dalam upaya meningkatkan hasil guna pembelajaran Ekonomi Minum akronim dari Menyampaikan Informasi Untuk Memahami. Strategi Minum memiliki empat tahapan belajar yakni : Menyusun Puzzle, Mendiskusikan, Menyimpulkan dan Menyampaikan. Sebagai komponen belajar siswa, guru menciptakan Media KOPI JOE atau Kotak Pintar Jelajah Opini Ekonomi. Sebagai praktik mengajar terbaik (best practice), strategi dan media pembelajaran ini membantu siswa dalam belajar dan meraih target pembelajaran dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai pengetahuan dan keterampilan mata pelajaran Ekonomi dan hasil belajar yang cukup baik.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Strategi Belajar dan Minum Kopi Joe.
Tinggalkan Komentar