Visi
Jumat, 08 Des 2023
  • "Terwujudnya generasi pemimpin bangsa yang berkarakter, berprestasi dan berbudaya mutu"

Menjadi Sekolah Pengimbas, SMAN 2 Tanggul Menjadi Pelopor Implementasi Kurikulum Merdeka

Senin, 18 September 2023 Oleh : Juforsdata Official

SMA Negeri 2 Tanggul Jember telah meraih penghargaan sebagai salah satu sekolah unggulan yang akan memimpin perubahan pendidikan di Kabupaten Jember. Kepala Sekolah, Bapak Imam Suja’i, mengumumkan bahwa SMA Negeri 2 Tanggul Jember telah diangkat oleh pemerintah sebagai sekolah role model dalam menerapkan kurikulum merdeka yang inovatif.

Dalam pernyataannya, Imam Suja’i menjelaskan, “Kurikulum merdeka merupakan penyempurnaan dari Kurikulum 2013 yang memberikan fokus pada peserta didik. Dengan kepercayaan ini, sekolah kami ditunjuk sebagai sekolah penggerak, menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya dalam mengadopsi pendekatan ini.”

Kegiatan Pengimbasan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang baru saja dilakukan di SMA Negeri 2 Tanggul diharapkan akan menjadi acuan penting dalam pengembangan rencana pembelajaran yang merdeka, baik untuk siswa maupun guru di sekitar wilayah Jember yang juga mendapat pengaruh dari sekolah ini.

“Kegiatan Pengimbasan ini telah direncanakan dengan matang dan akhirnya berhasil dilaksanakan mulai hari Kamis, 14 September 2023, hingga tanggal 17 September 2023, melibatkan seluruh pendidik dari berbagai sekolah yang terpengaruh. Ini adalah In House Training (IHT) yang bertujuan untuk memperkuat Kurikulum Merdeka dan memberikan pengaruh positif pada sekolah-sekolah yang telah menjadi sekolah penggerak,” jelas Bapak Imam Suja’i.

Saat menjadi pemateri dalam kegiatan tersebut, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Jember, Sugeng Trianto, menyampaikan serangkaian materi yang mendalam, termasuk Kebijakan Pemerintah terkait Program Sekolah Penggerak dan Implementasi Kurikulum Merdeka, refleksi kegiatan pembelajaran, paradigma baru dalam Kurikulum Merdeka, pemahaman capaian pembelajaran, perencanaan pembelajaran, serta berbagai aspek penting lainnya.

“Semua kebijakan pemerintah yang terkait dengan IKM dan penerapan serta praktik pembelajaran yang berdiferensiasi, model, dan praktik evaluasi, semuanya telah kami bahas secara mendalam agar guru-guru dapat menguasainya dengan baik,” tambahnya.

SMA Negeri 2 Tanggul Jember telah menjadi sekolah percontohan yang akan menjadi sumber inspirasi bagi sekolah lainnya. Peran mereka dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka akan memengaruhi perubahan positif dalam pendidikan di wilayah sekitarnya. Kita berharap bahwa prestasi ini akan memberikan dorongan bagi sekolah-sekolah lain untuk berinovasi dan memperbaiki kualitas pendidikan. SMAN 2 Tanggul akan terus memainkan peran penting dalam pengembangan pendidikan di Jember dan sekitarnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar